STUDY BANDING KE KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PEKALONGAN

DSC03262

Kantor KPAD Kab. Boyolali melaksanakan studi banding ke Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Pekalongan, perjalanan dimulai dengan berkumpulnya para staf KPAD di Kantor KPAD Boyolali pada akhir tahun 2015 sekitar jam 06.00 pagi, kami berangkat menggunakan moda transportasi bus berukuran sedang. Perjalanan yang seharusnya memakan waktu 4 jam dikarenakan jalanan yang rusak dan macet maka harus molor sampai 6 jam kami smapai di tujuan sekitar jam 12 siang, di sepanjang perjalanan demi mengusir kebosanan kami mengobrol dan bercanda tawa, terlebih lagi di bagian kursi belakang bus yang diisi oleh duo maut Pak Agus dan Pak Suparmin yang pintar membuat gelak tawa bagi staf lainnya, sebenarnya kami juga sedikit khawatir dengan salah satu teman kami yang kelihatannya tidak tahan jika harus berkendara jauh menggunakan mobil alias mabuk an.

DSC03248

Tetapi sepanjang perjalanan berangkat hal tersebut tidak menjadi kenyataan, ternyata dia masih dalam kondisi fit sampai dengan tujuan kami. Kami sempat beberapa kali mampir ke rest area karena perjalanan panjang kami juga butuh penyegaran tubuh atau mungkin sekedar pergi ke toilet. Kami tiba di Pekalongan matahari sudah menjulang tinggi di langit yang menandakan sudah siang, sesampai di Pekalongan kami tidak langsung menuju Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Pekalongan, tetapi kami transit dahulu di sebuah Masjid untuk ganti baju yang lebih formal dan juga me-refresh raut muka kami yang lusuh karena kebanyakan tidur disepanjang perjalanan.

Sampai di gedung Perpustakaan dan Arsip Pekalongan kami dibuat takjub dengan gedung yang megah dan berlantai 2, kami disana disambut oleh Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Dearah Kota Pekalongan yaitu Ibu Maryati, S.H., M.Si dan diterima oleh Kasubag TU KPAD Kab. Boyolali yaitu, Ibu Anik Sri Indraswati, S.E yang mewakili Bapak Aris Dwi Sugeng Utomo, AP., MM selaku Kepala KPAD KAb. Boyolali, kami dijelaskan tentang selayang pandang Perpustakaan Dearah Kota. Pekalongan, setelah itu kami melakukan tour untuk mengetahui setiap rungan perpustakaan daerah pekalongan samapai setengah 3 sore.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan untuk berwisata ke pantai dan makan siang, setelah itu kami melanjutkan perjalanan pulang tapi mampir dahulu ke Sentra Batik Pekalongan untuk membeli oleh-oleh, sesudah membeli oleh-oleh kami lanjut pulang ke Boyolali sampai di Boyolali waktu menunjukan pukul 20.30 dikarenakan perjalanan yang lancar maka waktu tempuh pulang lebih cepat, tetapi di tengah perjalanan hal yang kami takutkan menjadi kenyataan, yaitu teman kami mabuk, tapi untung sudah sampai di rest area Bawen. Itulah sekelumit cerita perjalan studi banding kami ke Kantor Perpustakaan Arsip Daerah Kab. Pekalongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons