Indonesia Punya Cerita

Judul                          : Indonesia Punya Cerita

Penulis                       : Yusuf dan Toet

Genre                         : Sejarah

Jumlah halaman      : 120 halaman

Penerbit                     : Cerdas Interktif

Cetakan                      : I

Tahun terbit              : Jakarta 2012

A. Sinopsis Buku

Di Indonesia sendiri terkenal dengan berbagai keanekaragaman budaya, bahasa, kepercayaan, suku, adat istiadat dan lain-lain. Tapi keunikan tersebut dapat kita ketahui melalui buku ini. Buku yang ditulis oleh Yusuf dan Toet menyajikan keunikan dan keanekaragaman masyarakat Indonesia.

Buku yang termasuk dalam salah satu jenis buku sejarah yang di dalamnya terdapat sosial budaya yang dimiliki oleh orang Indonesia. Buku ini juga tidak seperti buku-buku yang lain, karena buku ini disajikan secara menarik dan juga inspiratif melaui gambar dan judul bukunya.

Buku yang memiliki judul Indonesia Punya Cerita ini. Berisikan kumpulan-kumpulan cerita yang ada di Negara Indonesia mulai dari kebiasaan masyarakat Indonesia sampai kebudayaan yang ada di berbagai Wilayah di Indonesia. Buku ini juga berisi tentang sindiran-sindiran kepada masyarakat yang terkadang tidak taat aturan dan berkebiasaan buruk di tempat-tempat tertentu. Seperti di jalan, dan tempat-tempat umum lainnya.

Isi dari buku ini juga menceritakan kebudayaan dan kegiatan yang ada di Indonesia yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dirangkum dengan sederhana namun penuh dengan makna yang mudah dipahami oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak sampai orang tua sekalipun. Buku ini tidak mengandung unsur yang tidak diinginkan oleh masyarakat. Justru buku ini sangat menarik untuk dibaca dan dipahami.

Karya dari Yusuf dan Toet ini disajikan sedemikian rupa untuk menarik minat para pembaca. Dari sampulnya saja sudah menarik apa lagi didalam isinya, buku ini berisikan hal-hal unik dan lucu juga mengesankan para pembaca yang mungkin belum kita ketahui. Jadi setelah membaca buku ini kalian tidak akan menyesal karena memang banyak pembelajaran-pembelajaran yang terdapat dibuku ini.

Banyak cerita yang disajikan didalam buku ini. Bahkan, banyak hal-hal sepele yang merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia dimuat didalam. Seperti kebiasaan ngerumpi yang dilakukan oleh banyak kaum hawa di Indonesia. Ada juga satu kebiasaan yang dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat muslim Indonesia yaitu mudik. Ada saja keunikan yang dilakukan oleh para pemudik di Indonesia yang dibahas dibuku ini.

Yang menarik dari kebiasaan orang Indonesia adalah THR. THR hanya ada di Indonesia karena pekerja dapat membeli baju baru dan makanan hari raya dan yang terpenting adalah ongkos untuk mudik dan masih banyak lagi kegiatan yang sepele tapi justru unik dan inspiratif yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah hal yang dilakukan oleh masyarakat yang ada di Indonesia yang memiliki truk. Mereka menuliskan pesan di belakang truk yang mereka miliki dengan kalimat lucu, santai, menggelitik tetapi to the point. Hal ini hanya ada di Indonesia dan menjadi hiburan bagi para pengendara yang membaca tulisan ini saat berada dibelakang truk.

Kebudayaan dan kebiasaan adat yang ditulis dalam buku ini,  mulai dari sepak bola api, sisemba atau adu kaki, sampai pertunjukan-pertunjukan seni di berbagai daerah di Indonesia. Keunikan-keunikan dari berbagai Wilayah Negara Indonesia sudah terangkum di dalam buku ini.

Salah satu kebudayaan yang ditulis didalam buku ini dan cukup menarik yang hanya ada di Indonesia yaitu kepercayaan tentang larangan-larangan yang ada di setiap daerah yang di sebut dengan pamali. Pamali disini bertujuan untuk menyelamatkan seseorang dari bahaya atau roh halus yang di percaya oleh masyarakat. Kepercayaan tentang roh-roh halus masih kental berada dikehidupan masyarakat Indonesia. Karena itu tidak mengherankan jika banyak orang Indonesia yang masih mempertahankan kepercayaan dari leluhur tersebut.

Ada juga hal-hal sepele yang termasuk dalam kepercayaan masyarakat Indonesia yang di tulis dibuku ini juga, yaitu: banyak anak banyak rezeki, dan budaya merantau. Dangdut juga di masukkan di buku ini. Bahkan kegiatan yang melekat pada rakyat Indonesia yaitu lomba tujuh belasan juga dimasukkan dalam pembahasan dibuku ini.

Juga kebudayaan dari Jawa Tengah yang dimasukkan dalam pembahasan dibuku ini, yaitu ketoprak. Awalnya, pagelaran ketoprak digelar di sela-sela menumbuk padi. Setelah panen, para petani saling bercengkrama dan diselingi nyanyian tembang jawa dengan iringan bunyi tabuhan lesung.

 B. Unsur Intrinsik

Di dalam buku ini ada unsur intrinsik yang dapat kita ketahui yaitu:

  1. Tema buku ini adalah sosial budaya, menceritakan semua kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dan budaya yang dibawa oleh masyarakat Indonesia secara turun-temurun.
  2. Alur yang ada di dalam buku ini adalah campuran, yaitu budaya-budaya masyarakat Indonesia terdahulu dan juga kebiasaan yang dilakukan pada zaman sekarang, termasuk merebaknya penggunaan gadget dikalangan masyarakat.
  3. Setting atau latar didalam buku ini adalah setiap daerah yang ada di Indonesia, terbukti dengan banyaknya tempat kebudayaan dan kebiasaan masyarakat Indonesia yang berbeda-beda disetiap satu halaman.

C. Kelebihan Buku

Cover buku atau bagian depan buku ini juga sudah terlihat menarik. Yaitu, disertakan gambar-gambar kegiatan yang ada di Wilayah Indonesia. Gambar-gambar yang dijadikan cover juga bukan gambar biasa yang digunakan di buku-buku lain. Bisa dikatakan bahwa buku ini hampir sama dengan komik.

Isi didalam buku ini juga menarik dari bahasanya yang mudah untuk kita fahami dan setiap pembahasan dengan judul yang menarik. Pembaca pemula juga dapat langsung memahami buku ini karena bahasa yang sederhana dan umum digunakan didalam berkomunikasi.

Buku ini patut dibaca untuk semua kalangan, karena buku ini memiliki banyak pembelajaran baik untuk semua orang. Memang ada sisi negatif masyarakat Indonesia yang ditampilkan dibuku ini akan tetapi lebih banyak pembelajaran yang dapat kita ambil.

D. Kekurangan Buku

Kekurangan dari buku ini bisa dibilang sedikit tapi sangat menonjol. Salah satunya adalah biografi dari penulis buku ini. Saya sendiri juga kesusahan untuk mendapati biografi penulis dari internet dikarenakan nama penulis yang ditulis terlalu singkat. Buku ini juga terlalu langsung menuju pokok pembahasan tanpa ada awalan dan akhiran yang diperlukan oleh pembaca. Baik pembaca pemula atau pembaca pada umumnya.

E. Kesimpulan

Nilai-nilai yang dapat kita ambil dari buku ini adalah, kita dapat belajar menghargai dan menghormati keanekaragaman yang ada di sekitar kita. Kita juga dapat belajar untuk belajar disiplin. Mulai dari disiplin diri sampai disiplin peraturan. Entah itu peraturan masyarakat ataupun dari pemerintah pusat. Dan kita juga harus bisa menjaga perkataan kita agar tidak menyakiti orang lain dan bisa bermanfaat bagi yang mendengarkan.

Buku ini memang bisa membuat kita tertawa karena kelucuan penyajian gambar. Akan tetapi kita juga harus mengerti apa maksud yang ingin disampaikan oleh penulis kepada kita. Karena dalam buku ini hanya terdapat budaya-budaya dan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang Indonesia dari zaman dahulu sampai zaman sekarang ini. Mulai dari kebudayaan sampai kegiatan yang menjadi tren saat ini.

Buku ini akan menjadi daya tarik tersendiri oleh pembaca. Jadi jangan sampai tidak membaca buku ini. Walaupun buku ini hanya berisi sosial budaya tapi tidak mengecewakan kok, buktikan sendiri. Kelucuan, keunikan, dan keseruan apa saja yang ada di Indonesia tersaji dalam buku Indonesia Punya Cerita yang ditulis oleh Yusuf dan Toet ini.

 

Nama                          : Dannisya Al Zura Nur Hamidah

TTL                              : Boyolali, 22 Desember 2001

Kelas                            : X Bahasa

Sekolah                        : SMA Negeri 1 Ngemplak

Alamat sekolah          : Jl. Embarkasi Haji Km-1 Donohudan, Ngemplak, Boyolali

Alamat rumah            : Guli Kidul, Guli, Nogosari, Boyolali

Alamat e-mail             : dannis2221@gmail.com

Pengalaman menulis  : 1. Penulis cerpen

  1. Penulis artikel diterbitkan di majalah NOW

 

JUARA HARAPAN II LOMBA RESENSI BUKU SEJARAH TINGKAT KABUPATEN YANG DISELENGGARAKAN OLEH DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons